Disdukcapil Kayong Utara Kembali Mudahkan Masyarakat Urus Adminduk di 22 Desa

RKU FM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kayong Utara kembali melaksanakan kegiatan jemput bola (jebol) pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) ke masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan capaian kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Kayong Utara.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kayong Utara, Aslinda mengatakan kegiatan pelayanan jemput bola ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilaksanakan, dengan maksud untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dalam memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan.

“Pada awal tahun ini, tahun 2023 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara sudah mulai melaksanakan kegiatan jemput bola pelayanan administrasi kependudukan yang di mulai tanggal 24 Januari 2023 sampai dengan 25 Februari 2023, untuk 22 desa dan 1 sekolah yaitu SMAN 1 Sukadana,” kata Aslinda, Selasa 28 Februari 2023.

Aslinda menyebut 22 desa tersebut, diantaranya Desa Riam Berasap Jaya, Desa Simpang Tiga, Desa Pangkalan Buton, Desa Sutera, Desa Sungai Mata-Mata, Desa Batu Barat, Desa Nipah Kuning, Desa Pemangkat, Desa Pulau Kumbang, Desa Padu Banjar, Desa Teluk Batang Utara, Desa Banyu Abang, Desa Mas Bangun, Desa Sungai Paduan, Desa Alur Bandung, Desa Teluk Batang Selatan, Desa Teluk Batang, Desa Tanjung Satai, Desa Satai Lestari, Desa Kemboja, Desa Dian Kecil dan Desa Dusun Besar.

“Layanan dalam kegiatan jebol layanan adminduk ini adalah, rekam dan cetak KTP elektronik, cetak kartu keluarga, cetak kartu identitas anak (KIA), akta lahir dan akta kematian,” terangnya.

Dari jumlah layanan yang di dapat dari kegiatan jebol layanan adminduk sebanyak 2.535 layanan,
dengan rincian rekam atau cetak KTP elektronik (rekam, cetak baru, rusak, hilang, ganti alamat, status perkawinan, jenis pekerjaan) sebanyak 1.006 keping.

Sedangkan cetak KK (baru dan perubahan elemen data) sebanyak 317, cetak KIA 893 keping, akta lahir 249 dan akta kematian sebanyak 27 pemohon.

Lebih lanjut, Aslinda bersyukur kegiatan yang telah dilaksanakan Disdukcapil Kabupaten Kayong Utara ini mendapat respon baik dari masyarakat untuk datang langsung mengurus dokumen kependudukannya melalui pelayanan jebol.

“Kegiatan jebol layanan adminduk yang di laksanakan berjalan lancar dan animo masyarakat sangat tinggi, karena mereka dapat melakukan pelayanan adminduk secara datang langsung dan mengurus sendiri dokumen kependudukannya tanpa harus menempuh perjalanan yang jauh, serta masyarakat bisa langsung berkonsultasi terkait permasalahan baik itu kartu keluarga, akta kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya,” ujar Aslinda. (kang)

Baca informasi lainnya dari RKU FM di Google News

SIARAN LANGSUNG

TERBARU